Business Intelligence

Business Intelligence, makul pilihan di program studi Computing Science RUG, adalah kuliah pertama saya di belanda. Tentunya, sebagai orang yang baru pertama kali mengikuti kuliah di barat, saya banyak banding membandingkan situasi kuliah di sini. Kelas ini diisi oleh 20an orang, orang non barat ada 3.

Makul ini bercerita tentang aplikasi IT di dunia nyata, khususnya di dunia bisnis. Yang saya suka, kelas ini banyak diisi oleh kuliah tamu, praktisi dari berbagai bidang yang tentu saja berpengalaman di dunia nyata. Para dosen tamu berasal dari alumni yang kerja di konsultan KPN, akademisi dari TU Delft, kepolisian belanda, dan dosen ekonomi RUG tentang basis data.

Makul ini mewajibkan mahasiswa untuk membuat kelompok yang berisi empat orang. Masing-masing kelompok akan diminta untuk membuat tugas akhir studio tentang topik tertentu.

Ujian akhir makul ini adalah ujian lisan. Mahasiswa diminta menceritakan tentang tugas akhirnya (tugas studio), apa yang kamu dapat dari kuliah ini, dan apa implementasinya. Saya beruntung, mendapatkan nilai bagus di makul ini. Nilai 8,5 di Belanda sudah termasuk di atas rata-rata.

Di sini saya belajar bahwa rata-rata diskusi itu berjalan baik di kelas kecil-sedang. Mahasiswa aktif bertanya, dosen pun antusias menjawab dan mengajar. Di sini saya belajar juga kolaborasi antara akademisi dengan industri.

2 thoughts on “Business Intelligence

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *