Student Colloquium

Student Colloquium adalah mata kuliah yang sangat menuntut mahasiswa untuk aktif di dalamnya. Pada makul ini, mahasiswa diminta untuk berpasang-pasangan menulis sebuah review paper dari topik-topik yang disediakan (biasanya topik berasal dari mahasiswa PhD) atau topik pilihan sendiri. Mahasiswa akan diberikan paper-paper rujukan awal, atau mencari sendiri paper rujukan jika topik datang dari mahasiswa itu sendiri.

Makul ini ditawarkan pada semester 2, saat semua mahasiswa sudah mengenyam makul-makul wajib dan diasumsikan mahasiswa sudah cukup mempunya dasar untuk memulai menulis sebuah review paper.

Hal yang paling menarik dari makul ini adalah, mahasiswa benar-benar dibantu dan diarahkan untuk menulis sebuah artikel ilmiah. Dosen yang mengampu juga tidak hanya dari Departemen Computing Science Fakultas MIPA (Faculteit Wiskunde en Natuurwetenschappen) tapi juga ada dari Fakultas Seni (Faculteit der Letteren).

Pertemuan di Kelas

Pada pertemuan pertama, mahasiswa difasilitasi untuk membuat kelompok karena mungkin mahasiswa belum saling kenal. Ditanyakan project waktu s1 dan apa yang ingin ditulis di paper. Pada kuliah juga diberikan gambaran mengapa melakukan riset, bagaimana cara menulis artikel ilmiah beserta etikanya. Mahasiswa juga diberi tahu bagaimana melakukan review, bahkan diminta untuk mereview abstrak teman-temannya di kelas. Terakhir, dosen dari Fakultas Seni memberikan ilmu bagaimana caranya melakukan presentasi dengan baik dan tidak membosankan.

Abstrak, Draft Paper, Review, Final Paper, dan Re-review

Setelah menentukan topik, mahasiswa diminta untuk menulis abstrak yang nantinya akan direview di kelas oleh sesama mahasiswa. Langkah selanjutnya adalah menulis draft paper. Mahasiswa akan diberikan waktu untuk mereview paper-paper temannya. Dan terakhir menulis final paper jika paper dinyatakan diterima untuk dipublikasikan. Re-review dilakukan setelah presentasi akhir.

Two Minutes Madness

Two minutes madness adalah presentasi dua menit yang isinya adalah gambaran tentang makalah sang mahasiswa. Tipe presentasi ini adalah cepat, dan berisi inti dan poin-poin menarik tentang makalah. Hal yang bagus dari presentasi singkat ini adalah, presentasi ini disiapkan untuk menjadi tempat latihan mahasiswa melakukan presentasi.

Workshop Presentasi

Ternyata, presentasi two minutes maddness direkam dan mahasiswa diwajibkan untuk melihat bagaimana presentasi mereka berjalan. Pada workshop presentasi ini, mahasiswa akan dibagi ke kelompok kecil berisi 6 orang. Masing-masing kelompok akan diberikan training langsung oleh pakar komunikasi dari Fakultas Seni tentang bagaimana melakukan presentasi dan berbicara di depan umum.

Final Student Colloquium

Ini adalah acara puncak dari makul ini. Colloquium sepenuhnya diorganisir oleh mahasiswa itu sendiri. Mulai dari mencari sponsor, mencari menu makan siang (menu makan siang orang barat ternyata hanya roti isi dan di situ kadang saya merasa sedih), coffe break, dan mengatur jadwal presentasi. Mahasiswa juga diminta untuk menilai rekan-rekannya yang sedang melakukan presentasi.

Saya merasa beruntung bisa mengikuti kelas ini karena saya bisa melihat mahasiswa-mahasiswa lain yang presentasi dengan brilian. Mereka rata-rata dapat berbicara bahasa Inggris dengan fasih. Paper-paper karya mereka juga sangat bagus setidaknya jika saya bandingkan saat di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *