Sistem Informasi Penjunjang Pembelajaran di Rijksuniversiteit Groningen

Bersekolah di salah satu universitas ternama di Belanda, University of Groningen, membuat saya menyadari besarnya manfaat teknologi informasi dalam berurusan dengan kegiatan-kegiatan kampus. E-mail merupakan komunikasi andalan dan utama, orang-orangpun dengan mudah dapat dihubungi melalui e-mail. Selain itu, sistem informasi dikembangkan untuk menunjang perkuliahan, antara lain portal universitas, Nestor e-learning, ocasys, progressww, dan rooster.

rug.nl

Rijksuniversiteit Groningen, biasa disingkat rug atau terkenal dengan nama internasionalnya University of Groningen, memiliki portal universitas terpusat yang berisi informasi terkait dunia kampus. Seluruh program studi bisa dicari di sini.

Nestor

Nestor adalah portal e-learning bagi mahasiswa sarjana dan magister. Seluruh mata kuliah yang diambil akan tertampil di sini. Masing-masing mata kuliah akan berisi tentang deskripsi makul, panduan kuliah, tugas-tugas kuliah, dan materi-materi kuliah. Pengumuman umum kampus dan terkait kuliah juga diumumkan di sini. Bisa dibilang ini adalah one-stop portal untuk mahasiswa.

Ocasys

Seluruh mata kuliah (kurikulum) untuk program studi tertentu terdaftar di sini, lengkap dengan makul-makul untuk track (konsentrasi) tertentu. Mahasiswa tidak hanya bisa melihat makul untuk programnya sendiri tapi juga bisa melihat makul program studi lain, hal ini penting karena di rug mahasiswa bisa mengambil kuliah di luar program studinya bahkan di fakultas lain.

Rooster

Salah satu yang saya suka dari sistem di groningen adalah integrasi dengan Aplikasi kalender. Untuk memudahkan mengatur agenda kegiatan, kita bisa memilih kuliah-kuliah kita dalam sau periode dan rooster akan menampilkan jadwal kuliahnya. Hal yang menarik lagi, kita bisa ekspor data tersebut dan mengimportnya ke dalam Google Calendar atau iCal di Mac sehingga kita bisa melihat tampilan jadwal kuliah kita.

Screen Shot 2015-07-01 at 19.41.50

Progresswww.

Untuk mendaftar makul tertentu (di Indonesia dikenal dengan istilah KRS), mahasiswa tinggal membuka progresswww.nl. Nilai-nilai juga bisa dilihat di situs ini. Situs ini adalah kerjasama dari berbagai kampus:  Fontys Hogescholen, Hanzehogeschool Verkiezingen, Rijksuniversiteit Groningen, Stenden, Universiteit van Amsterdam, Universiteit voor Humanistiek, dan University of Curaçao,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *